Beranda > Real Madrid, Real Madrid > Hancurkan Italia, Spanyol Ukir Hat-trick Trofi Juara

Hancurkan Italia, Spanyol Ukir Hat-trick Trofi Juara

Spanyol Juara Euro 2008

Spanyol Juara Piala Dunia 2010

Spanyol Juara Euro 2012

Spanyol sukses menggagahi Italia empat gol tanpa balas di laga final Piala Eropa 2012. Keempat lesatan La Roja disarangkan oleh David Silva menit ke-14, Jordi Alba menit ke-41, Fernando Torres menit ke-84 serta Juan Mata di menit ke-88.

Dengan hasil tersebut pasukan Vicente Del Bosque itu berhak merengkuh titel juara Euro untuk kedua kalinya secara beruntun. Selain itu, Spanyol juga mampu mengukir hat-trick dalam merengkuh trofi juara, setelah sebelumnya sukses menjadi kampiun di Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2012.

Sementara Italia, lagi-lagi harus mengubur impiannya untuk menjadi ‘Raja’ di daratan Eropa, setelah terakhir kali mencicipi gelar juara pada 1968 silam.

Pertandingan yang berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Senin (2/7/2012) dinihari WIB, kedua tim langsung menerapkan strategi menyerang. Namun, Spanyol yang memainkan umpan-umpan pendek ala tiki-taka membuat Italia cenderung bertahan.

Pada menit ke-6 Sergio Ramos mulai menebarkan ancaman ke gawang Gianluigi Buffon. Sayang, sepakan bebas bek Real Madrid itu dari jarak 35 yards masih melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit berselang giliran Xavi yang memiliki peluang untuk bisa membawa Spanyol unggul. Namun lagi-lagi, peluang La Roja gagal berbuah hasil setelah sepakan kerasnya masih belum tepat sasaran.

Gool..!! Silva akhirnya sukses membawa Spanyol unggul 1-0 pada menit ke-14. Berawal dari umpan lambung Fabregas di sisi kiri pertahanan Italia, bola berhasil dikirim oleh Silva ke dalam gawang Buffon lewat tandukannya.

Kebobolan lebih dulu membuat punggawa Gli Azzurri terlecut. Sayangnya, usaha yang didapatkan oleh Pirlo maupun Cassano masih belum bisa membuat jala gawang Casillas bergetar.

Cassano!! Ahh sial sepakan menyusur tanah juru gedor AC Milan itu dari dalam kotak penalti masih dapat diamankan dengan baik oleh Casillas. Padahal, tendangannya berhasil melewati sela-sela kaki dua pemain bertahan Spanyol.

Pada menit ke-33 Cassano kembali mengancam gawang Spanyol. Sayang, tendangan keras Cassano dari luar kotak penalti masih dapat diredam oleh Casillas.

Kendati dalam posisi tertekan, justru La Furia Roja mampu menggandakan keunggulan lewat kaki Jordi Alba empat menit jelang turun minum. Menerima umpan matang dari Xavi, Alba yang belari dari belakang berhasil lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, bek anyar Barcelona itu sukses menaklukkan Buffon lewat sepakan kaki kirinya.

Hingga jeda skor 2-0 untuk keunggulan Spanyol tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, tempo permainan berjalan semakin menarik. Aksi jual-beli serangan saling diperagakan oleh kedua kesebelasan.

Antonio Di Natale yang masuk menggantikan Cassano di babak kedua, langsung beraksi. Namun sayang, tandukannya di menit ke-47 masih melambung tinggi di atas gawang.

Semenit berselang giliran Spanyol yang menekan pertahanan Italia. Berawal dari aksi Fabregas yang meliuk-liuk di dalam kotak penalti Italia, bola langsung disontek ke arah gawang. Beruntung, Buffon masih dapat mengamankan si kulit bundar dengan baik.

Pada menit ke-51 Di Natale kembali mengancam gawang Italia. Terlepas dari jebakan offside Di Natale hanya tinggal berhadapan dengan Casillas. Tapi, performa apik kapten skuad Matador itu dalam mengawal gawangnya membuat peluang emas tersebut gagal berbuah hasil.

Pada menit ke-60 Italia tampaknya harus bermain dengan 10 orang. Sebab, Thiago Motta yang masuk menggantikan Montolivo mengalami masalah pada pahanya, sementara jatah tiga kali pergantian pemain telah dilakukan oleh Prandelli.

Unggul jumlah pemain membuat punggawa Spanyol bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-84 Fernando Torres memperbesar keunggulan La Roja menjadi 3-0. Memanfaatkan umpan matang dari Xavi, Torres berhasil merobek jala gawang Buffon lewat sepakan menyusur tanah dari dalam kotak penalti.

Mata!!! Gelandang Chelsea itu kain menambah penderitaan Italia dua menit jelang laga usai. Kerja sama apiknya dengan Torres di dalam kotak penalti diakhir dengan bergetarnya jala gawang Buffon untuk keempat kalinya.

Sampai peluit panjang tanda laga usai skor 4-0 untuk keunggulan Spanyol tetap bertahan.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Spanyol: Casillas; Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Busquets, Xavi, Xabi Alonso, David Silva (Pedro 59′), Fabregas (Fernando Torres 75′), Iniesta (Juan Mata 87′).

Italia: Buffon; Abate, Barzagli, Bonucci, Chiellini (Federico Balzaretti 21′), Marchisio, Pirlo, De Rossi, Montolivo (Thiago Motta 57′); Balotelli, Cassano (Antonio Di NataleĀ  46′).

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: